DIY : Mengganti Kampas Rem

Daytona VX Red😀

Hai, hallo apa kabar semua..?😀 Kali ini ane mau sedikit berbagi tutorial mengganti kampas rem depan shogun 125, ya mungkin buat motor2 lain juga mirip kali. Sebenarnya dah lama juga sih pengen ganti kampas rem depan, karena rem depan dirasa udah mulai ngga pakem, padahal kampas masih tebel, mungkin karena karakter kampas ori SGP yang keras tapi kurang gigit, biar awet kali😀. Selain itu juga tuas rem depan udah dirasa keras, mbagel, jadi ya di putusin ganti kampas rem aja…

Kampas Resing😀

Minggu kemaren, tepatnya tanggal 31 desember karena ada keperluan mendadak akhirnya pulang ke Kendal, sekalian deh mampir ke Hyperspeed semarang buat nebus kampas rem depan Daytona VX merah hihihih…. Katanya sih ok buat harian, dan tentunya biar berkesan makin resing aja nih motor hahahahaha… ya walaupun harganya di atas kampas ori SGP, Rp 37.500😀. Dan sedikit lebih mahal dari pasaran di internet😀.

Ok langsung ke proses penggantian aja ya..

Pertama siapin dulu alat2nya:

  • Kunci ring 12, buat lepas kaliper dari tabung sok
  • Kunci L (lupa ini ukuran berapa) buat buka pegangan kampas di kaliper
  • Tang, buat congkel2 daleman kaliper (optional)

Alat perangnya nih…:D

Next, langkah bongkarnya tentunya…

Berdoa dulu ya tentunya😀

Kendurin dulu baut L pengunci kampas rem di kaliper, kenapa di kendurin dulu, pengalaman ane kalo kaliper di lepas dulu dari tabung sok susah buat kendurin baut L nya, karena kaliper dah ngga ada pegangan lagi di tabung sok, bikin pegel tangan😀

Setelah itu baru deh lepas tuh baut pemegang kaliper ke tabung sok,

Next, keluarin dah batu L pemegang kampas tadi, dan lepasin sekalian kampas remnya..

kalo perlu bersihin sekalian tuh daleman kaliper dari kotoran, bisa pake sikat, lap atau di cuci sekalian juga boleh. Terutama di piston kalipernya, biar ngga seret😀

‘Lumayan’ kotor :p

Setelah bersih, pasang deh kampas barunya, stepnya ya kebalikan yang tadi hihihih… Gampang kan?

Penampakan permukaan kampasnya

Oh ya, kampas ini juga bisa dipakai di Supra 125 sama Ninja 250😀

Saatnya tes, sebelumnnya pastikan dulu kalo baut2nya udah kenceng ya hihihih, dan lakukan tes di jalan yang sepi😀

Ngeng ngeng ngeng, cit cit cit… hasilnya, pakem sih remnya (ya iyalah baru getooooo….) tapi tetep tuas remnya masih keras…:(, mungkin perlu di bersihin sekalian nih master rem atasnya atau ada yang perlu di ganti, entahlah…:)

Merah itu berani😀

Ya sudah lah, next time aja benerinnya😀 Untuk sementara dirasa udah cukup, walaupun kalo ngerem kurang halus rasanya hihihi….

Next, cari stiker daytona ah, buat di tempel di motor, biar pada tahu kalo motornya pake part daytona hahahahaha….:D :p

28 thoughts on “DIY : Mengganti Kampas Rem

  1. nubie numpang nanya Om😀
    itu klo abis ganti kampas rem kan suka jd seret cakramnya ya, krn kampasnya nggigit bgt..
    gmn cara ngakalinnya ya Om?
    makasih…:D

    • seret ngga kurang tahu, tapi yang jelas jadi bunyi cit cit cit hihih.. ngga ane apa2in sih, ane biarin dulu, siapa tahu masih pada kenalan tuh kampas sama piringan, biar akrab dulu, mungkin mereka butuh waktu…:)

  2. Kalau di motor aye sih Bang, dulu pakai VX Red itu baru “kerasa” kapabilitasnya kalau tangki minyak remnya dikuras trus pakai DOT4, soalnya aye rasain, VX Red dibanding standar (SGP Nissin, bukan Nissin Chemco) itu kelebihannya bukan di lebih pakem, tapi materialnya gak cepet panas…

    Sekalian pakai brake-line anyaman baja sedap tuh hohoho…

    BTW beruntung euy dapet VX Red yang masih buatan Jepang, kalo di Jogja sekarang dah buatan lokal semua, bungkusnya cuman warna lembayung grafis trus logo Daytona…Makanya sekarang pake VX Gold ajah😦

    • ouw pake dot4 sekalian ya, soalnya nih minyak rem dulu ganti pake merek FUSO :))…..
      ada rekomendasi merek?

      yang aq liat sih permukaan cakram jadi bersih, ngga item2 kayak dulu lagi, trus kemaren di bongkar lagi juga masih bersih hihihihi…

      lah ada lokalnya juga to? berapaan tuh? kualitasnya beda jauh ngga?

  3. vx red kondisi panas, dingin, basah, kering kontras bgt om performnya, kalo yg gold dia lebih stabil. ini sih katanya R&D nya tuh parts sendiri loh, kalo ane pake yg gold sih depan blakang asik2 aja mau panas apa ujan :p

  4. Barusan beli langsung di toko Daytona… kaget juga ternyata harganya 35rb (sama kaya punya Supra ori), kirain bangsa 60rban. Aslinya Tiger aja kalo gak salah udah 80rban. selama ini sih pake yang 30rban (kayanya sih bukan buat Tiger ini) kurang pakem, eh ternyata baru tau kalo itu sebenernya buat Supra -_-

    Sempet nanya mbaknya, dia bilang Red sama Gold lebih pakem Gold. Cuma banyak pembeli bilang Gold terlalu pakem dan cepet makan piringan juga. Karena untuk pertimbangan harian, ya udah deh coba Red aja dulu🙂

  5. Wah, harganya Rp37.500, bikin iri😦
    Aku tempo hari beli untuk Jupiter Z1 kena Rp 55ribu.

    Ohya, sekedar info, memang kampas rem VX Brake Daytona ga bisa langsung pakem, butuh penyesuaian. Coba bungkus / kemasannya dibalik ! Kan ada keterangan kalo harus dipake ngerem 100 kali, baru kampasnya akrab sama piringan, seret pun berkurang😀

Silahkan di komentari..

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s