Seal Delco, penyebab gejala brebet brebet Sopiah.

Sudah beberapa bulan ini, Sopiah mengalami gejala brebet brebet. Gejala muncul kala mesin berputar di RPM 2000 ke bawah, kalo di atas itu mesin terasa normal. Karena keterbatasan ilmu, sempet bingung juga penyebab hal tersebut. Ok, otak coba berfikir, kira kira apa penyebabnya? Dan otak cupu ini memvonis, sistem kelistrikan dan suplai bahan bakar yang jadi pokok investigasi heheh..

Mulai dari yang simpel dulu, ganti busi!. Ternyata hasilnya nihil, coba konsultasi dengan rekan rekan sesama pengguna Timor di sarankan untuk cek koil, kabel busi, delco dan filter bensin. Coba cek kabel busi dan koil, ngga nemu tanda tanda kelainan. Tadinya udah mau beli koil baru, tapi akhirnya di coba bongkar delco dulu, siapa tahu memang delconya bermasalah. Prinsip ekonomi berkerja, benerin yang paling murah dulu hehehe…

Ok, akhirnya sabtu kemaren dengan modal nekat dan ilmu dari artikel Mas Moskie ini mulai deh bongkar delco.

Pertama tama lepas dulu kabel koil sama kabel businya, awas di ingat ingat urutan posisi kabel businya, kalo sampe ketuker bisa meledak ledak mesinnya hehehe…

Trus lanjut kasih tandai posisi delco sebelum di lepas, biar nanti pas pasang ngga berubah posisinya. Soalnya kalo berubah settingan pengapian juga ikut berubah.

Ingat2 posisi penanda di blok mesin dengan di bodi delco

Ingat2 posisi penanda di blok mesin dengan di bodi delco

Lepasnya mudah saja, tinggal lepas baut 12 yang juga jadi baut penyetel delco. Oh ya, jangan lupa lepas kabel kabel yang nempel di delco, biar ngga ketarik pas lepas delco dari tempatnya. Setelah lepas, baru deh kelihatan biang keroknya, nih…

Nih perbandingan seal lama dengan seal baru.

Nih perbandingan seal lama dengan seal baru.

Terlihat kalo seal lama udah mengkerut, dan mengeras. Cara lepas sama pasangnya tinggal pake obeng Min aja, di congkel  gitu hehehe..:D, murah kok karet seal gini cuma Rp 7.500. Oh ya ini posisi udah di bersihkan ya, tadinya berlumuran oli sama kerak. Tadi di bersihin pake carburator cleaner, tapi kurang maksimal, kerak kerak oli masih nempel. Mungkin bisa maksimal kalo pake sejenis Carbon Cleaner.

Mumpung udah di lepas semua, sekalian di bongkar aja delconya, dan di bersihin cover sama rotor yang di dalem. Siapa tahu rotornya kotor atau malah udah rusak, jadi bisa sekalian di ganti. Buka cover delconya tinggal lepas skrup di sampingnya, ada 2.

Buka 2 skrupnya, buat lepas cover delconya.

Buka 2 skrupnya, buat lepas cover delconya.

Kalo udah lepas di lanjut lepas rotornya, tinggal tarik aja. Sekalian di bersihin.

Sopiah_delco_8

Trus lepas deh cover yang di dalem, entah apa namanya. Oh ya kebetulan punyaku covernya dah getas, jadi ada beberapa bagian yang pecah, tadinya mau di ganti sekalian tapi barang kosong di toko spare part.

Sopiah_delco_20Jangan lupa bersihin sekalian bagian dalemnya. 🙂

Sopiah_delco_2

Kalo udah bersih, tinggal di rangkai lagi deh. Prosesnya kebalikan dari pas bongkar.

Sopiah_delco_7

Sebelum di pasang di tempatnya, bersihin juga tempat delco di blok mesin, mumpung di bongkar.

Sopiah_delco_16Oh ya, kemaren pas bongkar delco, iseng cek selang radiator atas. Coba di tekan tekan, krenyes krenyes. Eh, udah lembek dan krispi banyak kerak ternyata. Ya udah sekalian ganti baru aja, dari pada pecah di tengah jalan, bisa rempong ntar hahaha…. kemaren beli dapet yang harga Rp 55.000, merek BMN kalo ngga salah. Tahu deh bagus apa ngga 😀

Copot dulu selang yang lama.

Copot dulu selang yang lama.

Tuh kan, udah berkerak hehehe… bersihin dulu sekalian kerak2nya..

Lanjut pasang selang yang baru

Lanjut pasang selang yang baru

 

Sebelum pasang jangan lupa kasih selai stroberi, eh sealer dulu, biar ngga bocor bocor bocor seperti kata pak Wowo *eh….!!!

Kalo sudah, lanjut deh pasang delco ke tempatnya, trus kabel busi sama koil. Jangan lupa kabel kabel yang lain ikutan di pasang. Kalo udah yakin semua kepasang dengan baik dan benar, langsung deh coba tes nyalain mesin. Eits.. ada yang kelupaan, tambahin dulu tuh air radiator, tadi kan pas lepas selang airnya banyak yang keluar tuh hehehe..

Sopiah_delco_18Ok, tes nyala, jrenggg….. sambil mesin nyala, coba mainkan gas, sambil liat air radiator, kalo kurang ya tambah lagi. Setelah 5 menit lebih, dan mesin ngga ada tanda tanda brebet, coba nyalakan AC. Dan ternyata normal saudara saudara.. Horrraayyy…!!! :D.

Sepertinya penyakit sudah sembuh, tapi lom coba tes jalan sih. Semoga saja ngga kambuh lagi hehehe….Next project pengen kuras radiator, pengen ganti pake coolant.

Ok sekian sharing dariku, semoga bermanfaat.

Tetap sehat, tetap selamat di jalan raya.

 

Salam.

18 thoughts on “Seal Delco, penyebab gejala brebet brebet Sopiah.

      • berarti karet warna hitam berbentuk lingkaran ya mas…? sebab Insya Allah minggu depan saya mau coba ganti karena gejala mobil timor saya seperti itu.
        klo pagi ato mesin dingin trus diidupin, pasti ngebrebet selama -+ 2 menit, rpm naik ke 1200 setelah 2 menit baru normal lagi ke rpm 700.
        Terima Mas atas infonya.

        • DOHC apa SOHC mas?

          kalo baru di nyalain trus RPM naik itu normal setahuku mas. kalo brebet bisa jadi kabel busi atau koil yg bermasalah.

          atau bisa juga supply bensin bermasalah. coba di cek dari yang paling murah dulu aja hehehe… 😀

  1. misi om mo tanya² nih,,timi ane dohc 2001.. klo di nyalain pertama ngraung rpm diatas 1000. tp klo udah panas normal lagi sekitar 600. pas lagi jalan rpm naik turun..boleh tau kenapa ya? delco diraba² basah item oli di bagian bawahnya…makasih ya om.

  2. Maaf om nyimpang dikit mobil ane genio kmaren saya copot delko dr lubang mesin cuma saya lupa ga cabut kabel busi, td nya saya cuma mau bersihin thermosensor posisinya di bawah delko jd kepaksa delko di buka, pas saya pasang lg saya liat di lubangnya ada garis membentuk lubang 2 kiri kanan seperti pasangan ujung delco, pas saya pasang delco ga masuk ngepas saya buka lg ngepasin ujung delco sama lubang garis di dlm mesin yg ke 2x pasang sama ga pas saya paksa pake baut di kencangkan sampe terpasang c delko rata, pas di stater ga nyala om mesinya kaya ga ada tembakan api busi, gimana solusinya ya om.

  3. sudah di lakukan dengan cara yg di atas tp sama aja nih om,
    dalam keadaan enggak di gas brebet nya dari rpm 1000 lansung turun ke 500 pas rpm turun kayak mobil mau mati…
    coil na blm di cek sii…
    kira2 apa yaa om…
    Terimakasih.. 😊

  4. Gan mobil saya futura 1.3 waktu pagi hari kok nyalanya pincang ya.padahal busi sama kabel dah baru tpi tetep sama.trus pas mesin nyala di dalam delco kayak ada suara rikirikirik kya ada yang gesrek gitu.gumana solusinya…tolong di bantu

  5. saharing aja om, sepertinya brebet bukan pengaruh dari o ringnya.
    o ring hanya menahan olie mesin agar gak rembes keluar.
    Kemungkinan besar brebet hilang, pas delco di bersihkan om..

    maaf newbie

Silahkan di komentari..